US Green Card Lottery: PERTANYAAN UMUM

US Green Card Lottery

US Green Card Lottery or Diversity Immigrant Visa Program or DV Lottery for anyone who is eligible to apply the Immigration Lottery.
Join our mailing list for annual reminder. Please introduce your self. Anonymous Applicant will not be approved in mailing list/group.
Good luck!
Informasi Green Card atau DV Lotere bagi warga yang dapat mengajukan aplikasi DIVERSITY VISA.
Silahkan bergabung dengan milis kami dengan memperkenalkan diri anda. Semoga anda berhasil.

Wednesday, September 22, 2010

PERTANYAAN UMUM

PERTANYAAN – PERTANYAAN UMUM MENGENAI DV-2012
  1. APA ARTI KALIMAT “PRIBUMI/PENDUDUK”(NATIVE)? APAKAH ORANG YANG LAHIR DI NEGARA YANG TIDAK TERMASUK NEGARA YANG BERHAK MENGAJUKAN PERMOHONAN DV MASIH BISA MEMOHON DIVERSITY VISA?
    “Pribumi/Penduduk” artinya orang yang lahir di suatu negara tertentu, tanpa terkecuali negara tempat orang tersebut tinggal atau negara sesuai dengan status kewarganegaraannya. Tetapi untuk tujuan imigrasi, “pribumi” juga berarti seseorang yang berhak untuk diakui di suatu negara selain negara tempat dia dilahirkan sesuai dengan ketentuan Pasal 202(b) dari Undang Undang Imigrasi dan Nationaliti.

    Sebagai contoh, jika pemohon lahir di suatu negara yang tidak termasuk dalam daftar negara yang bisa memohon DV, maka pemohon tersebut dapat menggunakan negara tempat suami/istrinya dilahirkan, tetapi pemohon tidak bisa menerima visa DV-1 kecuali suami/istri pemohon memenuhi syarat untuk status DV-2, dan keduanya harus masuk ke Amerika bersama-sama.

    Semua pemohon yang lahir dari negara yang tidak berhak untuk mengikuti program ini, dapat menggunakan negara lahir dari salah satu orang tuanya selama orang tua pemohon tinggal di negara tersebut pada saat pemohon dilahirkan. Intinya orang tidak dapat menjadi warganegara dari suatu negara jika mereka tidak dilahirkan di negara tersebut atau orang tidak dapat menjadi warganegara dari suatu negara tersebut jika mereka hanya melakukan kunjungan sementara atau ditugaskan bekerja oleh perusahaan atau pemerintah.
  2. APAKAH ADA PERUBAHAN ATAU PERSYARATAN BARU DALAM PROSEDUR PEMOHONAN DIVERSITY VISA?
    Ada. Masa pendaftaran DV-2012 adalah 30 hari. Untuk dapat memindai foto, maka pemindai anda harus minimal 300 dots per inci (dpi), bukan 150 dpi.

    Entry Status Check yang tersedia di E-DV website www.dvlottery.state.gov adalah satu satunya cara untuk memperoleh informasi mengenai status aplikasi DV-2012 anda. KCC tidak akan mengirimkan pemberitahuan melalui surat kepada para pemenang DV-2012, tetapi mencantumkan nama pemenang DV-2012 pada halamam konfirmasi pemenang DV-2012, beserta instruksi mengenai cara melanjutkan proses DV visa. Entry Status Check juga akan memberikan informasi mengenai jadwal interview anda.

    Entry Status Check akan tersedia untuk memfasilitasi DV-2012 mulai tanggal 1 May 2011. Apabila anda mendaftar untuk program DV-2011, maka anda dapat memeriksa status aplikasi anda sampai akhir bulan June 2011.
  3. APAKAH TANDATANGAN DAN FOTO DIHARUSKAN UNTUK SETIAP ANGGOTA KELUARGA, ATAU HANYA UNTUK PEMOHON UTAMA?
    Tanda tangan tidak diperlukan pada E-DV Entry Form. Foto terbaru dari masing masing individu, pemohon, suami/istri, dan semua anak dibawah usia 21 tahun harus dimasukkan. Foto keluarga atau group foto tidak diterima.
  4. MENGAPA WARGANEGARA DARI BEBERAPA NEGARA TERTENTU TIDAK DAPAT MEMOHON DIVERSITY VISA PROGRAM?
    Tujuan dari Diversity Visa adalah untuk memberikan kesempatan berimigrasi yang sama kepada penduduk dari negara-negara tertentu, selain dari negara-negara yang sudah mengirimkan sejumlah besar imigran ke Amerika. Undang-Undang Amerika menyatakan bahwa Diversity Visa tidak dapart diberikan kepada Negara-negara yang laju imigrasinya tinggi. Ini ditujukan bagi negara-negara yang telah mengirimkan sebanyak 50,000 imigran ke Amerika Serikat dalam lima tahun terakhir. Setiap tahun USCIS (United States Citizenship and Immigration Services) menghitung jumlah imigran dari berbagai negara dengan tujuan untuk mengidentifikasi negara negara yang sudah tidak dapat diikutsertakan dalam program Diversity Visa lagi. Karena adanya perubahan jumlah imigran yang masuk ke Amerika, maka daftar Negara-negara yang bisa ikut dalam program diversity visa berubah setiap tahunnya.
  5. BERAPA JUMLAH MAXIMAL DIVERSITY VISA 2012 YANG TERSEDIA?
    Menurut Undang-Undang, program diversity visa menyediakan 55,000 permanent resident visa setiap tahunnya. Tetapi Nicaraguan Adjustment dan Central American Relief Act (NACARA) melalui congress bulan November 1997 menetapkan bahwa mulai tahun 1999 dan seterusnya dari 55,000 diversity visa yang tersedia, sebanyak 5,000 visa akan dialokasikan dan dipergunakan dibawah program NACARA. Sisanya, sebesara 50,000 visa akan dipergunakan untuk program diversity visa tahun 2000 dan peraturan tersebut masih berlanjut sampai sekarang.
  6. BERAPA BANYAK DIVERSITY VISA UNTUK TAHUN 2012 YANG BISA DIPEROLEH OLEH SUATU WILAYAH?
    USCIS (United States Citizenship and Immigration Services) dengan menggunakan formula yang tertulis dalam Pasal 203 (c) dari Immigration and Nationality Act, adalah badan yang menentukan besarnya jumlah imigran yang bisa diperoleh suatu wilayah. USCIS akan mengumumkan jumlah visa yang bisa diperoleh suatu wilayah setelah hasil perhitungan diperoleh.
  7. KAPAN PROGRAM DV 2012 DIMULAI?
    DV-2012 dimulai pada tanggal 05 Oktober 2010 siang hari (EST – Eastern Standard Time) dan akan berakhir pada tanggal 3 November 2010 siang hari (EST – Eastern Standard Time). Setiap tahunnya berjuta-juta pemohon mengaplikasi program ini. Besarnya jumlah pemohon yang masuk menyebabkan sulitnya proses pemilihan pemohon. Proses pendaftaran yang berlangsung dari bulan Oktober sampai November dapat memberikan cukup waktu bagi kedutaan, konsulat dan pemohon untuk melakukan persiapan-persiapan yang berhubungan dengan diversity visa. Pemohon sangat disarankan untuk tidak menunda pendaftarannya sampai minggu terakhir masa pendaftaran, karena permintaan yang terlalu banyak dapat mengakibatkan keterlambatan diterimanya permohonan anda. Permohonan yang masuk setelah jam 12 siang (EST) pada tanggal 3 November 2010 tidak akan diterima.
  8. APAKAH ORANG YANG BERADA DI AMERIKA DAPAT MENGIKUTI PROGRAM INI?
    Bisa, pemohon bisa berada di Amerika atau di negara lain untuk memohon DV, dan permohonan bisa dimasukkan melalui Amerika atau negara lain
  9. APAKAH PEMOHON HANYA BISA MEMASUKKAN SATU KALI PERMOHONAN SELAMA PROGRAM DV?
    Ya, undang-undang hanya mengijinkan satu kali permohonan untuk satu pemohon selama masa pendaftaran, jika anda memohon lebih dari satu kali dalam satu periode, maka permohonan anda otomatis akan gugur. Pemerintah Amerika Serikat menggunakan teknologi yang canggih yang dapat mengidentifikasi pemohon yang memasukkan permohonannya lebih dari satu kali dalam satu periode. Permohonan yang masuk lebih dari satu kali dalam satu periode akan di-diskualifikasi. Pemohon boleh mengikuti program ini setiap tahun.
  10. APAKAH SUAMI DAN ISTRI BISA MENGAJUKAN PERMOHONAN SECARA TERPISAH?
    Bisa, suami dan istri bisa mengajukan permohonan secara terpisah, selama mereka memenuhi syarat untuk mengajukan permohonan. Jika salah satu dari mereka terpilih, maka suami/istri pemohon dapat memperoleh status derivative.
  11. SIAPA SAJA (ANGGOTA KELUARGA YANG MANA) YANG HARUS SAYA CANTUMKAN DALAM PERMOHONAN DV?
    Dalam permohonan anda, anda harus mencantumkan suami/istri anda, dan setiap anak dibawah usia 21 tahun yang belum menikah kecuali anak yang sudah menjadi Permanent Resident Amerika atau anak yang sudah menjadi warganegara Amerika. Anda harus mencantumkan suami/istri anda walaupun anda sudah berpisah dan tidak tinggal lagi bersama suami/istri anda, kecuali anda sudah bercerai secara resmi (harus ada dokumen tertulis resmi yang dikeluarkan pleh pengadilan). Jika anda sudah resmi bercerai maka anda tidak perlu lagi mencantumkan nama suami/istri anda dalam permohonan anda. Anda harus mencantumkan semua anak anda yang berusia dibawah 21 tahun dan belum menikah, termasuk semua anak kandung maupun anak yang secara sah telah diadopsi dan anak tiri kecuali anak yang sudah menjadi Permanent Resident Amerika atau anak yang sudah menjadi warganegara Amerika. Anda harus mencantumkan setiap anak dibawah usia 21 tahun yang belum menikah walaupun anak-anak tersebut tidak lagi tinggal bersama dengan pemohon atau tidak akan ikut berimigrasi bersama pemohon.

    Walaupun anda mencantumkan suami/istri dan anak-anak dalam permohonan anda tidak berarti mereka harus ikut berimigrasi dengan anda. Mereka bisa memilih untuk tetap berada di Indonesia. Akan tetapi jika anda mencantumkan suami/istri dan anak anak anda dalam formulir aplikasi tetapi tidak mencantumkan mereka dalam permohonan elektronik anda maka permohonan anda akan di-diskualifikasi. (Pernyataan ini hanya berlaku untuk suami/istri dan anak anak pemohon pada saat pemohon mengajukan permohonannya). Suami/istri anda dapat mengajukan permohonan terpisah walaupun suami/istri anda sudah tercantum dalam permohonan anda, selama keduanya mencantumkan nama suami/istri anda. (Lihat pertanyaan no 10)
  12. APAKAH SETIAP PEMOHON HARUS MEMASUKKAN PERMOHONANNYA SENDIRI ATAU BOLEH MEMINTA BANTUAN ORANG LAIN?
    Pemohon boleh menyiapkan permohonannya dan memasukkannya sendiri, atau meminta bantuan orang lain. Walaupun permohonan itu dimasukkan oleh anda sendiri atau dengan bantuan orang lain, seperti pengacara, teman, atau saudara, anda hanya bisa memasukkan satu permohonan untuk anda sendiri. Semua pemohon DV lottery dapat memeriksa status aplikasi mereka melalui Entry Status Check yang tersedia mulai tanggal 1 May 2011 pada E-DV website www.dv.lottery.state.gov. Pemohon harus menyimpan lembar konfirmasi yang mereka terima, sehingga pemohon dapat memeriksa sendiri status aplikasi anda.
  13. APA SAJA SYARAT-SYARAT UNTUK PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN KERJA?
    Undang undang telah menetapkan bahwa semua pemohon DV harus menyelesaikan pendidikan sekolah menengah atas atau yang sederajat ATAU dalam waktu lima tahun terakhir ini mempunyai dua tahun pengalaman kerja yang memerlukan latihan atau pengalaman dua tahun. Pendidikan sekolah menengah atas atau yang sederajat berarti pernah mengikuti pendidikan selama 12 tahun yang terdiri dari sekolah dasar dan sekolah menengah. Harap dicatat Ijazah dari Ujian Kesetaraan Kejar Paket C tidak dapat diterima. Bukti seperti ijazah terakhir atau surat pengalama kerja tidak perlu dilampirkan dalam permohonan anda, tetapi anda harus bisa menunjukkan bukti tersebut pada saat anda akan di interview. Untuk melihat apakah pengalaman kerja yang anda miliki memenuhi syarat, anda dapat menemukan informasi tersebut pada http://online.onetcenter.org/.
  14. PEKERJAAN APA YANG MEMENUHI SYARAT PROGRAM DV?
    Departemen Tenaga Kerja (DOL) O*Net Online Database mengelompokkan jenis pekerjaan menjadi lima area. Walaupun banyak sekali jenis pekerjaan yang terdapat di DOL website, tetapi hanya beberapa pekerjaan saja yang memenuhi syarat program DV-2012. Untuk dapat memenuhi syarat dari program DV-2012 berdasarkan pekerjaan, maka anda harus mempunyai pengalaman kerja paling sedikit 2 tahun dari pekerjaan seperti yang terdapat pada Job Zone 4 or 5, classified in Specific Vocational Preparation (SVP) range of 7.0 or higher.
  15. BAGAIMANA SAYA MENGETAHUI MENGENAI KUALIFIKASI PEKERJAAN DARI WEBSITE DEPARTEMEN TENAGA KERJA?
    Kualifikasi pekerjaan terdapat pada database Deaprtemen Tenaga Kerja O*Net Online Database. Ikuti langkah berikut untuk mengetahui apakah pekerjaan anda masuk kualifikasi. Pilih "Find Occupations" dan pilih "Job Family". Sebagai contoh, pilih Architecture and Engineering dan click "GO". Dan click pada link untuk penjelasan mengenai detail pekerjaan. Ikuti langkah yang sama, click Aerospace Engineers. Setelah memilih specific occupation link, pilih tab "Job Zone" untuk mengetahui nomor Job Zone dan tingkat Specific Vocational Preparation (SVP).
  16. BAGAIMANA CARA PENENTUAN PEMENANG?
    Kentucky Consular Center akan menerima dan memberi nomor semua permohonan yang masuk. Setelah masa pendaftaran berakhir, para pemohon "Diversity Visa" ini akan dipilih berdasarkan undian acak melalui computer berdasar wilayah geographis. Pada setiap wilayah, setiap permohonan yang pertama kali terpilih akan menjadi permohonan nomor satu, dan begitu seterusnya. Semua permohonan yang masuk pada masa pendaftaran, mempunyai kesempatan yang sama untuk memenangkan lotere. Pemenang DV Lottery akan diumumkan melalui Entry Status Check yang dimulai pada tanggal 1 May 2011 di E-DV website www.dvloterry.state.gov. Kentucky Consular Center akan terus memproses permohonan anda sampai pemohon mendapatkan instruksi lebih lanjut untuk datang ke kantor kedutaan untuk interview atau sampai pemohon datang ke USCIS untuk memohon perubahan status.

    Informasi penting: Pemberitahuan pemenang tidak akan dikirim melalui email. Pemenang DV Lottery akan diumumkan melalui Entry Status Check yang dimulai pada tanggal 1 May 2011 di E-DV website www.dvloterry.state.gov. KCC tidak akan mengirimkan pemberitahuan melalui surat kepada para pemenang DV-2012. Harap berhati-hati apabila anda menerima pemberitahuan melalui email mengneai aplikasi E-DV anda. Email dari KCC hanya akan anda terima setelah anda terpilih sebagai salah satu pemenang DV-2012, dan setelah anda merespons pemberitahuan yang anda terima melalui Entry Status Check. KCC tidak akan pernah meminta anda unutk mengirim uang melalui Western Union.
  17. APAKAH PEMENANG DV LOTERE BISA MEMOHON PERUBAHAN STATUS DI USCIS?
    Bisa, selama mereka berhak untuk merubah status sesuai dengan pasal 245 dari INA (Immigration and Nationality Act), pemenang lotere yang berada di Amerika bisa mengajukan perubahan status di USCIS (U.S. Citizenship and Immigraton Services). Pemohon harus yakin bahwa USCIS dapat menyelesaikan permohonan anda sebelum 30 September 2012, karena pada tanggal tersebut program DV berakhir. Dalam situasi dan kondisi apapun Diversity visa tidak akan bisa dikeluarkan atau diubah setelah 30 September 2012 .
  18. APAKAH PEMOHON YANG TIDAK TERPILIH AKAN DIBERITAHU?
    Semua pemohon, baik pemohonan yang tidak terpilih, dapat mengetahui status aplikasi mereka melalui Entry Status Check pada E-DV website www.dvlottery.state.gov. Pemohon harus menyimpan lembar konfirmasi aplikasi DV anda. Anda dapat mengetahui status aplikasi DV-2012 mulai tanggal 1 May 2011 sampai 30 Juni 2012. (Informasi mengenai status DV-2011, dapat anda lihat mulai tanggal 1 July 2010 sampai 30 Juni 2011).
  19. BERAPA BANYAK PEMOHON YANG AKAN TERPILIH?
    Terdapat 50,000 visa bagi DV-2012, tetapi yang terpilih akan lebih dari 50,000. Karena biasanya 50,000 orang pertama yang terpilih tidak memenuhi kualifikasi visa diversity, maka Kentucky Consular Center memilih lebih dari 50,000 pemenang untuk memastikan agar semua visa lotere yang tersedia bisa dikeluarkan. Ini berarti juga bahwa nomor visa yang tersedia tidak akan cukup untuk semua pemohon yang terpilih. Semua pemohon yang terpilih akan menerima pemberitahuan secepatnyamelalui E-DV website Entry Status Check. Interview diversity visa akan dimulai pada bulan October 2011. Pemenang yang telah memberikan informasi yang diminta akan memperoleh jadwal interview melalui E-DV website Entry Status Check kurang lebih empat sampai enam minggu sebelum tanggal interview. Setiap bulan, visa akan diberikan kepada para pemenang yang memenuhi syarat untuk memperoleh visa. Setelah 50,000 visa DV dikeluarkan program lotere akan berakhir. Intinya, program bisa berakhir sebelum September 2011 jika nomor visa sudah melebihi 50,000. Pilihan acak yang dilakukan oleh computer Kentucky Consular Center tidak menjamin anda akan mendapat visa. Hanya 50,000 pemenang yang memenuhi syarat yang dapta memperoleh visa.
  20. APAKAH ADA USIA MINIMUM JIKA SESEORANG INGIN MENGIKUTI PROGRAM DV?
    Tidak ada usia minimum untuk mengikuti program ini, tetapi semua pemohon DV harus menyelesaikan pendidikan sekolah menengah atas ATAU mempunyai pengalaman kerja yang berarti semua pemohon harus berusia diatas 18 tahun.
  21. APAKAH ADA BIAYA UNTUK MENGIKUTI PROGRAM INI?
    Tidak ada biaya untuk mengikuti program ini. Khusus untuk Diversity Visa biaya akan dikeluarkan setelah anda terpilih sebagai pemenang lotere dan memproses visa anda. Pemenang DV, seperti pemohon visa imigran lainnya, harus membayar biaya visa pada saat pengurusan visa. Rincian biaya yang akan dikeluarkan akan tercantum pada lembaran instruksi yang dikirim oleh Kentucky Consular Center.
  22. APAKAH PEMENANG DV YANG MEMPUNYAI STATUS ILEGAL DI AMERIKA MENDAPAT PERLAKUAN KHUSUS DALAM MEMINTA WAIVER?
    Tidak. Program DV tidak memberikan perlakuan khusus bagi pemohon yang mempunyai status illegal di Amerika sekalipun dengan permohonan waiver.
  23. APAKAH ORANG YANG SUDAH MEMOHON VISA IMMIGRAN MASIH BISA MENGIKUTI PROGRAM DV?
    Bisa, orang tersebut masih bisa mengikuti program DV
  24. BERAPA LAMA WAKTU YANG DIMILIKI PEMENANG LOTERE DV UNTUK MEMOHON DIVERSITY VISA?
    Pemohon yang memenangkan lotere bisa memohon visanya antara 1 October 2011 sampai 30 September 2012. Pemohon harus memperoleh DV visa atau memohon perubahan status sebelum tanggal 30 September 2012. Anda tidak bisa mengurus dan memperoleh visa anda dan setelah tanggal 30 September 2012 Begitu pula dengan suami/istri dan anak-anak anda, mereka hanya bisa mendapatkan visa mereka antara bulan Oktober 2011 sampai September 2012. Pemohon yang mengajukan permohonan dari luar Amerika akan menerima pemberitahuan jadwal interview dari Kentucky Consular Center, empat sampai enam minggu sebelum tangal interview anda.
  25. APA YANG TERJADI JIKA PEMOHON UTAMA DV MENINGGAL?
    Pemohon Utama DV yang meninggal, berarti secara otomatis permohonannya akan gugur. Suami/istri dan anak-anak dari almarhum tidak bisa melanjutkan proses DV-2012.
  26. KAPAN DV ONLINE AKAN DIMULAI?
    Permohonan on-line akan dimulai pada jam 12.00 siang EST – Eastern Standard Time (GMT-5) pada tanggal 5 October 2010 dan akan berakhir pada jam 12.00 EST – Eastern Standard Time (GMT-5) pada tanggal 3 November 2010.
  27. APAKAH SAYA BISA MEN-DOWNLOAD DAN MENYIMPAN SERTA MELENGKAPI PERMOHONAN DV LOTERE PADA PROGRAM MICROSOFT WORD?
    Tidak bisa, anda tidak bisa menyimpan dan melengkapi formulir tersebut pada program lain. Formulir Elektronik DV adalah formulir yang hanya bisa dikerjakan secara on-line.
  28. JIKA SAYA TIDAK MEMPUNYAI SCANNER, APAKAH SAYA BISA MENGIRIMKAN FOTO SAYA KEPADA SAUDARA SAYA DI AMERIKA SUPAYA DIA MEN-SCAN FOTO SAYA, MENYIMPAN HASIL SCAN TERSEBUT DI DALAM DISKET, DAN MENGIRIMKAN DISKET ITU KEMBALI KE SAYA?
    Ya, hal tersebut bisa dilakukan selama foto tersebut memenuhi persyaratan foto yang tertulis di instruksi, dan foto tersebut harus dicantumkan pada saat anda mengisi permohonan Elektronik Diversity Visa anda. Pemohon harus sudah memiliki scan foto file pada saat mereka mengisi permohonan mereka. Foto tidak dapat dimasukkan secara terpisah. Hanya satu permohonan dari setiap pemohon yang bisa dimasukkan. Jika anda memohon lebih dari satu kali dalam satu periode, maka permohonan anda otomatis akan gugur.
  29. APAKAH BISA MENYIMPAN FORMULIR ON-LINE UNTUK SEMENTARA WAKTU KEMUDIAN DIBUKA LAGI UNTUK MELENGKAPINYA?
    Anda tidak dapat melakukan hal tersebut. Formulir E- DV dibuat untuk dilengkapi dan dimasukkan pada saat yang bersamaan. Meskipun begitu, karena formulir ini terdiri dari dua bagian, dan karena ada kemungkinan gangguan dan lambatnya jaringan computer, kita diberi waktu untuk membuka formulir dan melengkapi informasi selama 60 menit. Bila formulir yang dilengkapi melebihi 60 menit, maka otomatis informasi yang dimasukan tidak akan tersimpan. Hal ini dibuat untuk mencegah kemungkinan adanya duplikat permohonan. Sebagai contoh, seorang pemohon dengan istri dan anaknya telah mengisi Formulir DVOn-Line bagian pertama lalu melengkapi bagian kedua. Pada saat ia akan mengirimkan bagian kedua, terjadi keterlambatan karena adanya kesulitan mencari file yang menyimpan foto anaknya. Bila Formulir bagian kedua dikirimkan pemohon dan diterima system dalam waktu 60 menit, maka tidak akan ada masalah. Namun bila formulir bagian kedua diterima system setelah 60 menit, maka pemohon akan diinformasikan untuk mengulang dari awal kembali. Instruksi dalam DV 2012 menginformasikan secara jelas dan lengkap akan informasi yang harus dimasukan dalam formulir. Dengan cara ini maka anda dapat mengetahui dan menyiapkan semua informasi terlebih dahulu sebelum anda mulai mengisi formulir on-line.
  30. BILA FOTO YANG DIMASUKAN TIDAK MEMENUHI PERSYARATAN, SISTEM AKAN SECARA OTOMATIS MENOLAK FORMULIR SEJAK AWAL DAN AKAN MENGINFORMASIKAN PEMOHON MENGENAI HAL TERSEBUT. APAKAH INI BERARTI FORMULIR DAPAT DIMASUKKAN LAGI OLEH PEMOHON ?
    Formulir dapat dimasukkan kembali. Karena system telah menolak permohonan sejak awal maka formulir tersebut tidak terhitung telah dimasukkan dan juga karena tidak ada konfirmasi bahwa formulir telah diterima. Bila ada masalah dengan foto digital yang dikirimkan tidak sesuai dengan persyaratan, system akan secara otomatis menolak foto tersebut. Walau demikian, tidak dapat diperkirakan berapa lama pesan penolakan tersebut dapat sampai ke pemohon karena tergantung jaringan internet. Jika ini dapat diselesaikan oleh pemohon dan Formulir bagian pertama dan kedua dikirim ulang dalam waktu 60 menit maka tidak akan ada masalah. Sebaliknya bila tidak maka permohonan harus diulang dari awal kembali. Pemohon dapat mencoba memasukan formulir berulang kali agar diterima system dan sampai menerima konfirmasi penerimaan.
  31. APAKAH PEMBERITAHUAN KONFIRMASI ELEKTRONIK YANG MENYATAKAN BAHWA FORM E-DV YANG TELAH DIISI TELAH DITERIMA MELALUI SISTEM ON-LINE AKAN SEGERA DIKIRIM SETELAH (FORM) DISERAHKAN?
    Pemberitahuan dari website Diversity Visa yang berisi konfirmasi bahwa permohonan anda sudah diterima, akan dikirim langsung dari Elektronik Diversity Visa Program, tetapi berapa lama waktu yang dibutuhkan sampai anda menerima konfirmasi atau pemberitahuan tersebut tergantung dari kecepatan system internet anda. Jika setelah beberapa menit anda menekan tombol ‘Submit’ dan anda belum mendapat konfirmasi, maka anda dapat menekan tombol ‘Submit’ sekali lagi. Hal ini tidak akan membuat system bingung karena anda menekan tombol ‘Submit’ kedua kalinya selama anda belum menerima konfirmasi elektronik. Pemohon dapat mencoba untuk memasukkan permohonannya beberapa kali sampai permohonan yang sudah lengkap diterima dan pemohon menerima konfirmasi bahwa permohonannya sudah diterima.
  32. BAGAIMANA SAYA BISA MENGETAHUI KALAU PEMBERITAHUAN YANG SAYA TERIMA ADALAH PEMBERITAHUAN YANG SAH? BAGAIMANA SAYA BISA MEMPEROLEH KONFIRMASI BAHWA SAYA BENAR TERPILIH SECARA ACAK UNUTK PROGRAM LOTERE DV?
    Anda harus menyimpan lembar konfirmasi aplikasi DV lottery anda. Anda memerlukan lembar konfirmasi anda untuk dapat mengakses informasi staus aplikasi anda melalui Entry Status Check yang terdapat pada E-DV website www.dvlottery.state.gov. Entry Status Check adalah satu satunya cara bagi para pemohon DV-2012 untuk mengetahui status aplikasi mereka, memperoleh instruksi tentang bagaimana melanjutkan proses aplikasi visa dan jadwal interview.

    Informasi tersebut akan tersedia mulai tanggal 1 May 2011. Apabila lembar konfirmasi anda hilang, maka anda tidak dapat memeriksa status aplikasi anda, dan kami tidak dapat memberikan nomor konfirmasi baru. Mereka yang terpilih akan menerima pemberitahuan untuk melanjutkan proses Diversity Visa. Mereka yang tidak terpilih TIDAK akan menerima pemberitahuan. Kedutaan dan konsulat Amerika tidak bisa memberikan daftar pemenang DV lotere.

    Para pemenang akan menerima instruksi untuk proses aplikasi visa DV melalui Entry Status Check yang terdapat pada E-DV website www.dvlottery.state.gov. Instruksi akan menjelaskan, bahwa para pemenang harus membayar biaya proses Diversity Visa dan Immigrant Visa hanya di Kedutaan atau Konsulat Amerika pada saat pemenang akan di interview. Kasir dari bagian consular atau consular officer akan langsung memberikan tanda bukti pembayaran. Anda jangan pernah mengirim uang untuk membayar biaya Diversity Visa melalui e-mail, Western Union atau jasa pengiriman yang lain. Pemohon yang sudah berada di Amerika dan mengajukan permohonan perubahan status di Amerika akan menerima instruksi yang berbeda tentang cara pembayaran Diversity Visa.

    Permohonan E-DV lotere dilakukan melalui internet, yang difasilitasi oleh Pemerintah Amerika Serikat, melalui website www.dvlottery.state.gov. KCC tidak akan mengirimkan pemberitahuan melalui surat kepada para pemenang. Email dari KCC hanya akan anda terima setelah anda terpilih sebagai salah satu pemenang DV-2012, dan setelah anda merespons pemberitahuan yang anda terima melalui Entry Status Check. Email tersebut akan memberikan arahan pada pemenang untuk memeriksa jadwal interview yang terdapat padat Entry Status Check.

    Departemen Luar Negeri Amerika Serikat dan visa servis memberitahukan kepada masyarakat bahwa hanya domain yang menggunakan .gov adalah website resmi dari pemerintah Amerika Serikat. Banyak website dari lembaga lembaga bukan pemerintahan (".com atau .org atau .net") memberikan informasi yang sah dan berguna sehubungan dengan masalah imigrasi dan visa. Pemerintah Amerika Serikat tidak merekomendasi atau mensponsori semua informasi yang terdapat pada website lembaga- lembaga tersebut.

    Beberapa website mungkin akan memberikan informasi yang merugikan kepada masyarakat, dan menyebabkan masyarakat percaya bahwa website tersebut adalah website resmi Pemerintah Amerika Serikat, dan mereka akan menghubungi anda melalui e-mail dan memberikan tawaran-tawaran yang cukup menggiurkan. Website tersebut mungkin mengharuskan anda membayar untuk memperoleh formulir dan informasi tentang prosedur imigrasi, padahal informasil tersebut bisa diperoleh secara gratis melalui website Pemerintah Amerika Serikat atau melalui website Consular Section. Sebagai tambahan website tersebut juga meminta anda untuk membayar biaya tambahan atas jasa yang tidak anda terima, seperti permohonan diversity immigration dan biaya visa, dimana sebenarnya mereka hanya ingin mencuri uang anda. Anda tidak akan pernah menerima uang anda kembali yang telah anda kirimkan ke lembaga lembaga tersebut. Anda juga harus berhati-hati jika anda mengirimkan informasi pribadi anda ke website tersebut yang mungkin dapat dipakai untuk pemalsuan identitas.
  33. SETELAH MENERIMA VISA MELALUI PROGRAM DV LOTERE, APAKAH PEMERINTAH AMERIKA AKAN MEMBANTU SAYA DALAM MEMBELI TIKET PESAWAT, MENCARIKAN TEMPAT TINGGAL DAN PEKERJAAN, TUNJANGAN KESEHATAN ATAU HAL-HAL LAINNYA SAMPAI SAYA MAPAN?
    Tidak, pemenang DV lotere tidak mendapat bantuan dalam membeli tiket pesawat, mencari tempat tinggal atau hal hal lainnya. Apabila anda terpilih sebagai pemenang DV lotere, anda harus dapat menunjukkan bukti bahwa anda tidak akan menjadi beban bagi pemerintah Amerika. Bukti yang harus anda tunjukkan biasanya berupa dokumen keuangan anda, Affidavit of Support (I-134) dari temen atau keluarga yang tinggal di Amerika, atau tawaran kerja dari perusahaan di Amerika.

Labels: , , ,